Monday, January 18, 2016

Book Review: Stay with Me Tonight by Sofi Meloni

Penulis: Sofi Meloni
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tebal: 280
Format: E-book
Terbit: Juni, 2015
Harga: Rp40.350 (BukaBuku)
Rating: 3½ / 5 stars

Date started: 17 Januari, 2016 - Date finished: 17 Januari, 2016

Sinopsis:
Mungkin pertemuan kita diawali dengan cara yang salah dan mungkin juga pada dasarnya dua orang yang sama-sama terluka tidak seharusnya bersama. Pada akhirnya kita harus mengakui kalau kita adalah dua orang yang salah untuk satu sama lain. Hubungan yang salah tidak akan mampu untuk membuatnya tetap tinggal malam ini.
Review:
Ayu namanya dan hidupnya sangat menyedihkan. Waktu kecil dia ditelantarkan oleh ibu kandungnya di sebuah kereta, untungnya ada seorang malaikat yang menampungnya, seseorang yang sekarang ia anggap ibunya lebih dari ibu kandungnya sendiri. Tetapi, ibu tiri yang ia sayangi itu menikahi orang yang sangat ia benci, orang yang berani menjual Ayu kepada siapapun yang berani membayar mahal. Ayah tiri yang pemabuk dan tukang judi itu juga tidak segan-segan menyakiti ibunya dan Ayu, meski berulang kali Ayu menyuruh ibunya untuk meninggalkan ayah tirinya itu ibunya selalu menolak. Ayu yakin ibunya sudah benar-benar terbutakan oleh cinta.

Kegiatan Ayu sehari-hari hanyalah kuliah, bekerja part time di sebuah toko roti dan di malam hari ia melayani lelaki yang telah membelinya. Setiap malam pukul 10 tepat dia ada di apartemen 1109 untuk memuaskan nafsu lelaki yang telah memilikinya itu. Anehnya, meskipun sudah melakukan hubungan intim berulang kali ia tidak mengenal apapun dari lelaki yang membelinya tersebut bahkan sekedar nama pun ia tak tahu.

Suatu hari, lelaki tersebut jatuh sakit dan harus dirawat. Di sinilah ia mengetahui bahwa namanya adalah Benny. Entah mengapa, Ayu merasa bahwa ia harus merawat lelaki ini hingga ia sembuh. Setelah sembuh, malapetaka berganti ke ibu Ayu, yang ditemukan di rumahnya telah ditusuk. Sebagai orang kurang mampu, Ayu tidak bisa membayar tagihan rumah sakit ibunya. Ia pun memutuskan untuk membuat sebuah perjanjian dengan Benny. Benny bersedia memberikan uang untuk membayar biaya pengobatan ibunya Ayu tapi Ayu harus bermalam di apartemen Benny selama seminggu. Pada saat itu Ayu menerima perjanjian ini, toh tidak terdengar aneh baginya.

Pada akhirnya Ayu tahu bahwa ia digunakan untuk membalas dendam Benny kepada mantan tunangannya, Yuana yang ternyata wajahnya mirip dengan Ayu menurut teman-teman Benny. Menghabiskan waktu bersama Benny membuat Ayu nyaman dan akhirnya jatuh hati, tapi bisakah mereka hidup bahagia bersama padahal cara mereja bertemu sudah salah? Apakah Benny merasakan hal yang sama kepada Ayu?
Apa yang harus kulakukan setelah semua ini berakhir?
Pertanyaan itu yang terus saja menghantuiku. Meski memalukan, aku harus mengakui kalau aku sudah telanjur nyaman berada di sini bersamanya. Tidak peduli dengan begitu banyak hal buruk yang terjadi karenanya, hati kecilku selalu percaya kalau tempat ini dan dirinya telah menjadi harapan tersendiri bagiku.
Jadi, ceritanya dini hari tadi aku iseng-iseng mencoba download aplikasi iJakarta di hpku. Dengan dasar ingin mencoba bagaimana rasanya membaca buku di aplikasi ini aku memutuskan untuk membaca novel ini, yang memang sudah lama menarik perhatianku. Sebenarnya lumayan enak juga baca buku di aplikasi ini, tapi sayangnya aku memakai hp yang layarnya nggak terlalu besar jadi aku harus agak memicingkan mataku terkadang untuk membacanya. Buku ini berhasil aku habiskan dalam kurun waktu beberapa jam saja sambil menunggu upgrade OS laptop.

Dari segi premis sendiri sebenarnya sudah umum ya, agak-agak prince and the pauper gitu deh ceweknya yang datang dari kalangan miskin bertemu dengan cowok yang kaya raya. Ya, jadi lumayan suka lah ceritanya meskipun temanya umum, eksekusinya beda lah. Menurutku, agak kelam juga ya eksekusinya, ada kekerasannya secara fisik maupun seksual juga ada.
"Aku sudah bergantung padanya. Kenyataan itu mengerikan karena ini artinya aku punya ketakutan baru yang mungkin tidak bisa kukendalikan. Ketakutan akan kehilangan dirinya."
Dari segi karakter, aku suka banget karakter karakter si Ayu ini kuat dan tegar banget, dia nggak menye-menye dan dia juga sangat mandiri sampai-sampai nggak mau terima bantuan dari siapapun. Sosok Benny juga bags karakterisasinya, awalnya sosoknya dingin, to the point dan all about business gitu meskipun lama-kelamaan jadi keliatan apa sebabnya dan sebenarnya dia bukan superti itu juga. Dito juga yang meskipun ngga pernah bener-bener dicintai sepenuh hati sama si Ayu cuman tetep aja nempel sama dia karena udah kepalang jatuh cinta sama Ayu, kalo aku sendiri ya belum tentu bisa jadi kayak si Dito ini. Salut deh!
"Caranya memandangku setiap kali mengingatkan bahwa kehadiranku mempunyai arti khusus baginya. Hal yang menyadarkanku bahwa keberadaanku di dunia ini akhirnya memiliki arti khusus untuk seseorang. Aku membutuhkannya sama seperti ia membutuhkanku."
Bagian bagusnya menurutku itu perjalanan cinta si Ayu sih, berliku-liku gitu dan nggak dibikin gampang. Ada unsur perjuangannya. Meskipun kalo aku sebenarnya udah nebak ujung-ujungnya dia bakalan end up sama siapa dan emang benar sama si itu. Tetapi aku senang bacanya soalnya nggak segampang itu si Ayu bisa akhirnya menghabiskan hidupnya sama orang ini.

In the end, lumayan suka lah. Worth to read, oh ya ini novel dews karena ada deskripsi hubungan seks di dalamnya, jadi pastikan kalhan sudah cukup umur untuk membaca buku ini ya! Walaupun untuk ukuranku deskripsi seksnya masih umum tidak terlalu spesifik seperti beberapa buku dewasa yang pernah kubaca selama ini.

© books-over-all ©

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...