Friday, April 15, 2016

Blog Tour: Malam-malam Terang by Tasniem Fauzia Rais dan Ridho Rahmadi [Book Review + Giveaway]

Penulis: Tasniem Fauzia Rais dan Ridho Rahmadi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 246
Format: Paperback
Terbit: Desember, 2015
Harga: Rp52.000 (BukaBuku)
Rating: 3 / 5 stars

Date started: 14 April, 2016 - Date finished: 15 April, 2016

Sinopsis:
Secara keseluruhan, cerita yang ingin kami usung adalah tentang metamorfosis seorang perempuan muda, yang kemudian beranjak dewasa, hingga kelak ketika ia menjadi orang tua. Aneka rupa peristiwa: senang-sedih, jatuh-bangun, tawa-tangis, kehujanan-kepanasan, lapar-kenyang yang berdasarkan kisah nyata penulis, kami coba ramu sedemikian rupa, untuk menyampaikan banyak hal. Yang pertama adalah pesan, yang menjadi identitas buku ini. Yang kedua adalah pertanyaan dan wacana diskusi, karena bagi kami, buku yang menarik adalah yang memberikan satu ruang kepada pembacanya untuk bebas berinterpretasi, berimajinasi, dan berkesimpulan. Untuk lebih kongkretnya, adalah pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: sebagai perempuan muda, haruskah aku menjadi mimpiku atau barangkali mimpi dari orangtuaku? Sebagai perempuan dewasa nanti, yang barangkali seseorang sudah meminangku, haruskah aku menjadi mimpi dari suamiku atau kelak ketika aku sudah tua, haruskah aku menjadi mimpi dari anak-anakku? Apakah Tuhan Mengizinkanku ‘tuk memilih atau biarkan aku mengizinkan Tuhan Memilihkan satu untukku?

Paragraf di atas adalah abstraksi dari mimpi kami tentang buku(-buku) yang kami tulis. Kalau tak tampak sederhana, mohon maaf, terkadang memang angan-angan sulit dikalimatkan. Kalau Tuhan Mengizinkan, dan juga Memberi kesempatan, insya Allah buku pertama kami ini, Malam-Malam Terang, akan jadi buku pertama dari trilogi yang kami harapkan bisa merajut bagian demi bagian dari barisan impian kami di atas. Doakan ya :)

Tentang Malam-Malam Terang.

Buku ini bercerita fase pertama; di mana Tasniem, tokoh utama di dalam buku ini, mengalamai kegagalan untuk memperoleh nilai ujian akhir yang cukup untuk masuk SMA idamannya di Yogya. Tasniem yang saat itu baru 15 tahun, menantang dirinya untuk merantau ke luar negeri. Berbekal restu sang ibu yang rela menjual sepetak tanah, ia berangkat ke Singapura melanjutkan sekolah dengan tekad memenangi apa yang “direbut” darinya.

Hidup di Singapura dan belajar di sekolah internasional mengantarkan Tasniem melihat dunia global. Di sisi lain, remaja belasan tahun ini juga didera cobaan hidup merantau: rindu keluarga, kesepian, terasing dan uang pas-pasan seringkali merayunya untuk menyerah dan pulling.

Beruntung, Tuhan kirimkan tiga teman serantau; Cecilia asal China, Aarin asli India, dan Angelina dari Indonesia. Empat sekawan ini sekalipun berbeda dalam keyakinan dan banyak hal lain, berhasil melewati suka-duka dan sukses membangun persahabatan. Petulangan mereka menjadi suguhan menarik sarat makna.

Mampukah Tasniem memenangi apa yang menjadi tekadnya? Mampukah ia menjadi bintang yang paling terang?
Review:
Saat masa smp Tasniem memiliki ambisi utama untuk melanjutkan masa sekolahnya di SMA 3. Tetapi pada saat selesai ujian nasional dan pengumuman pun datang ia mendapatkan hasil yang jelek, hasil yang tidak akan mengantarkannya ke SMA impiannya. Karena impiannya untuk memasuki SMA 3 tidak bisa dicapai, Tasniem harus memikirkan langkah selanjutnya untuk pendidikannya, dengan penuh kesedihan dan kekecewaan dia tidak bisa menentukan pilihan sampai akhirnya ia memutuskan untuk berkunjung ke rumah neneknya di Solo dan disana akhirnya dia menemukan jawabannya, yaitu Singapura. Saat pulang ia langsung meminta izin kepada ibunya untuk merantau ke Singapura.

Pada awalnya ibunya tidak memberikan izin karena alasan jarak dan biaya. Namun akhirnya setelah ibu Tasniem berunding dengan ayahnya, Tasniem pun diberikan restu untuk menuntut ilmu di Singapura. Berbekal restu kedua orang tua dan hasil penjualan sepetak tanah, Tasniem pun berangkat menuju sekolah barunya, Globe College. Globe College adalah sekolah asrama yang akhirnya mempertemukan Nim dengan ketiga sahabat barunya yang juga teman sekamarnya. Aarin Mohanty dari India, yang sudah lama tinggal di Inggris. Cecilia Ng dari China. Angelina Soemantri dari Jakarta.

Bersama teman-temannya mereka saling membantu satu sama lain menghadapi hidup di Singapura bersama. Banyak kejadian yang terjadi dan pengalaman-pengalaman yang didapatkan Tasniem, mulai dari bekerja paruh-waktu hingga bisa membiayai tiket pulang ke Indonesia hingga menentukan pilihan untuk antara menemani temannya bertemu dengan Ayah yang sudah lama tak ditemuinya tau pulang ke kampung halaman. Tak lupa juga cerita Tasniem dengan Ridho.
“Jadikan kegagalan sahabat setiamu. Bukan berarti kamu harus selalu gagal, namun ketika kegagalan datang, sambutlah ia sebagai sahabat. Mengapa? Karena kegagalan adalah cermin yang mengingatkan kita untuk berusaha lebih baik. Tanpa cermin itu kita tidak bisa melihat diri sendiri, tidak bisa mengevaluasi diri.”
Aku bukan pembaca buku non-fiksi, awalnya saat melihat cover buku ini aku juga nggak ngira kalo ini buku non-fiksi. Karena covernya seperti cover novel atau kumcer. Tapi aku ternyata bisa menyelesaikan buku ini juga!

Buku ini relatable banget aku rasa untuk kita semua orang yang pernah harus membuat pilihan. Ini buku sih mirip banget sama aku waktu mau milih SMA dulu juga. Aku juga seperti kak Tasniem ini, nem-nya kecil pengen masuk SMA favorit ya pasti ngga bisa lah yaaa (aku sih ngga sampai ke Singapura, jadinya sekolah swasta deket rumah deh HAHA). Aku ngerti banget perasaan yang dialami sama kak Tasniem. Emang sakit banget ngedapetin hasil jelek di saat kita pengen banget dapet nilai yang bagus.
"Setinggi apa pun engkau terbang, dan ke belahan bumi mana pun kelak engkau bertualang, suatu saat kembalilah, negeri ini membutuhkanmu."
"Jadikan kegagalan sahabat terbaikmu, karena hanya dialah yang setia dalam mengingatkan untuk selalu berusaha yang lebih baik. Tanpanya, kamu tidak akan pernah maju."
Buku ini adalah sebuah autobiografi, yang mencatat perjalanan kak Tasniem dan segala perubahan yang terjadi pada dirinya. Dari awal murid SMA, hingga menjadi karakter yang mandiri dan kuat dalam menghadapi berbagai tantangan. Tasniem pada dasarnya orang yang pintar, secara akademik dia pintar dia pun kaget saat mendapatkan nilai yang di luar harapannya di Singapura juga ia pernah terpuruk lagi karena nilai ujian kelas komputernya sangat jauh di bawah ekspektasi. Dari dua kegagalan itu, Ninim belajar untuk memastikan kegagalan untuk tak terulang lagi. Dibantu dengan nasehat dari bapaknya ia menjadi bisa.

Ditulis oleh dua orang yaitu Tansies Fauzia Rais dan Ridho Rahmadi, buku ini tidak terasa adanya perbedaan cara penulisannya. Seperti ditulis dari satu orang yang sama. Mereka gaya menulisnya sama, memang benar-benar bagus. Biasanya jika ditulis lebih dari satu penulis terlihat adanya perbedaan penulisan dari segi gaya bahasa, penulisan, dll. Malah, seluruh bagian novel ini seperti tulisan Tasniem saja, munglin karena dia tokor utamanya. Mungkin juga karena penggunaan sudut pandang orang pertama.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut silakan baca buku ini!!!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
GIVEAWAY TIME!!!

Aku diberi kesempatan untuk memberikan 1 (satu) eksemplar buku Malam-malam Terang karya Tasniem Fauzia Rais dan Ridho Rahmadi bagi salah satu dari kalian pembaca yang beruntung!! Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya!

  1. Domisili di Indonesia.
  2. Follow akun Twitter @tasniemrais , @ridhorahmadi09 , @afingleek.
  3. Share link blog tour ini di Twitter dengan hashtag #MalamMalamTerang dan mention ketiga akun di atas.
  4. Tulis di kolom komentar nama, domisili, akun Twitter, email dan link share.
  5. Event giveaway ini berlangsung selama 1 minggu, yaitu 15 - 21 April 2016.
  6. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 22 April 2016 secara random.
That's all for now!

27 comments:

  1. Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat
    Akun Twitter : @RaaChoco
    E-mail : humairabalfas5@gmail.com
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/720927995435872257?p=v

    ReplyDelete
  2. Nama : Kurnia Dwi Pertiwi
    Domisili : Bekasi, jawa barat
    Twitter : @KDP264
    email : kurniadwipertiwi1@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/KDP264/status/720952720832593920

    ReplyDelete
  3. Nama: Kiki Amaliah
    Twitter: @kyoungsaeng
    Domisili: Indramayu, Jawa Barat
    Email: otterchanbheje@gmail.com
    Link:

    https://t.co/MmAWNX1QZ9

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Nama: Aya Murning
    Domisili: Palembang
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/720976648783302656

    ReplyDelete
  6. Nama: Alfiani Z Fitri
    Twitter: @falfanyfitri
    Domisili: Pamekasan, Madura Jatim
    Email: alfiani.fitri901@gmail.xom
    Link: https://twitter.com/falfanyfitri/status/720991430630440961

    ReplyDelete
  7. Nama: Fetreiscia Frida
    Domisili: Jakarta
    Email: fetreisciafrida@gmail.com
    Twitter: @fetreisciafrida
    Link share: https://twitter.com/fetreisciafrida/status/721153775260446720

    ReplyDelete
  8. Nama: Fitriscia Jacilia
    Domisili: Jakarta
    Email: fitrisciajacilia@gmail.com
    Twitter: @jacilpo
    Link Share: https://twitter.com/jacilpo/status/721164435935481856

    ReplyDelete
  9. Nama : Miftahur Rizqi
    Domisili : Banyuwangi, Jawa Timur
    Akun Twitter : @MR_Laros
    Email : miftahurrizqi2@gmail.com
    Link Share :
    https://twitter.com/MR_Laros/status/721245187448541184

    ReplyDelete
  10. Nama: Wika Agustina
    Domisili: Medan
    Email: wikaagustina22@yahoo.com
    Twitter: @agstnwika
    Link share: https://twitter.com/agstnwika/status/721257098017927168

    ReplyDelete
  11. Diki Siswanto
    Masamba, Sulawesi Selatan
    @diki_twips
    dickyachmady(at)gmail(dot)com
    Link: https://twitter.com/diki_twips/status/721271816153485312

    ReplyDelete
  12. Nama: Ayuni Adesty
    Twitter: @ayuniadesty
    Domisili: Bogor
    Email: ayuniadesty@gmail.com
    Link share:
    https://twitter.com/ayuniadesty/status/721353195155382274

    ReplyDelete
  13. Rini Cipta Rahayu
    Karangasem, Bali
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com
    https://twitter.com/RiniCipta/status/721359510577676288

    ReplyDelete
  14. Nama : Qisty Aulia Khoiry
    Domisili : Surakarta, Jawa Tengah
    Akun Twitter : @qstyak
    Email : qstylkhry@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/qstyak/status/721376698323697664
    https://twitter.com/qstyak/status/721377238843658244

    ReplyDelete
  15. Nama: Salwa Balfas
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat.
    Akun twitter : @Safaira01
    Email : salwabalfas4@gmail.com
    Link share : Lihat Tweet @Safaira01: https://twitter.com/Safaira01/status/721559201034534913?s=09

    ReplyDelete
  16. Nama: Wening
    Domisili : Ambarawa, Jawa Tengah
    Akun twitter : @dabelyuphi
    Email : dabelyu_phi[at]yahoo[dot]com
    Link share : https://twitter.com/DabelyuPhi/status/721821864192909312

    ReplyDelete
  17. Nama : Nadia Chaerani
    Domisili : Tasikmalaya, Jawa Barat
    Twitter : @nadiachaerani
    Email : dhea1924@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/NadiaChaerani/status/721848081004670976

    ReplyDelete
  18. Nama : Ratnani Latifah
    Domisili : Jepara
    Twitter :@ratnaShinju2chi
    E-mail : kazuhanael_ratna@yahoo.co.id
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/721910488133558272

    ReplyDelete
  19. Yeyen Nursyipa
    Bandung
    @YeyenNursyipa
    20yeyennursyipa@gmail.com
    https://twitter.com/YeyenNursyipa/status/721918892579233793

    ReplyDelete
  20. nama: Aulia
    domisili: Serang
    twitter: @nunaalia
    email: auliyati.online@gmail.com
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/722335281441955842

    ReplyDelete
  21. Nama: Anggita Ravina
    Domisili: Balikpapan
    Akun twitter: @Anggitarav
    Email: ravinaanggita@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/Anggitarav/status/722446324277202944

    ReplyDelete
  22. Nama : Riniya
    Domisili : Kediri
    Akun Twitter : @Rinitavyy
    Email dan link share :
    https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/722920845551624193?p=v

    ReplyDelete
  23. Nama : Siti Nuryanti
    Domisili : Depok
    Twitter : @NelyRyanti
    Email : sitinuryanti@yahoo.com
    Link share : https://twitter.com/NelyRyanti/status/723039678715203584

    ReplyDelete
  24. nama: Visca Apriliyanti
    domisili: Belinyu
    akun twitter: @Visca_Apr
    e-mail: apriliyantivisca@yahoo.com
    link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/723089220571516929

    ReplyDelete
  25. Nama : Ana Bahtera
    Domisili : Aceh
    Akun twitter : @anabahtera
    email :anabahtera@yahoo.co.id
    link share : https://mobile.twitter.com/#!/anabahtera/status/723135400198344705

    ReplyDelete
  26. Nama: Cahya
    Domisili: Palembang
    Twitter: @chynrm
    Email: cahyasptm@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/chynrm/status/723180038112190464

    ReplyDelete
  27. Bintang Maharani
    btgmhrn@gmail.com
    @btgmr
    Palembang, SumSel
    https://twitter.com/btgmr/status/723191387366281216

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...